Dengan 1.440 Ekor, Lomba Ikan Cupang Hias Raih Rekor MURI - SUMBAR TERBARU

Breaking

SUMBAR TERBARU

Berbagi Berita Berbagi cerita

loading...

Post Top Ad

Loading...

Post Top Ad

Monday 11 September 2017

Dengan 1.440 Ekor, Lomba Ikan Cupang Hias Raih Rekor MURI

PADANG – Lomba Ikan Cupang Hias Nasional di Kota Padang, Sumatera Barat berhasil meraih rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk kategori lomba dengan jumlah ikan cupang hias terbanyak.


Lomba yang diadakan oleh komunitas pecinta ikan hias Betta of Sumatera Society itu meraih rekor MURI dengan jumlah ikan yang diperlombakan mencapai 1.440 ekor. Angka ini sekaligus mengalahkan rekor sebelumnya yang digelar di Jakarta tahun 2007 dengan jumlah ikan sebanyak 1.063 ekor.

Awang Rahargo dari MURI saat penyerahan piagam rekor kepada panitia lomba di Hotel Imelda Gadut, Padang, Minggu (10/9) menegaskan, rekor sebelumnya adalah dalam lomba yang digelar di Jakarta pada tahun 2007 silam.


“Lomba ini mencatatkan rekor baru mengalahkan rekor yang sudah bertahan sepuluh tahun di Jakarta. Saat itu, jumlah ikan yang diperlombakan sebanyak 1.063 ekor,” kata Awang.


Lomba Ikan Cupang Hias yang digelar ketiga kali oleh Betta of Sumatera Society ini tidak saja melibatkan peserta dari dalam negeri. Tercatat juga ada peserta yang merupakan komunitas pecinta Ikan Cupang Hias dari luar negeri seperti dari Pilipina, Singapura, Brunei, Jepang dan Amerika Serikat.

Lomba dibagi dalam dua kelompok penilaian yaitu untuk kelompok Ikan Cupang alami (natural) dan kelompok Breeding (hasil pembibitan). Lomba memperebutkan piala dan uang tunai untuk empat kategori yaitu Best of Show, King of Asia, Champion dan kategori Best of The Best.

“Dalam perlombaan ini, Ikan Cupang milik peserta dari California, Amerika Serikat keluar sebagai juara umum atau Best of the Best,” kata Mulyadi, Ketua Panitia lomba.

Ikan Cupang adalah ikan hias berukuran kecil, tubuhnya memiliki warna warni yang sangat menarik. Habitat asli ikan ini ada di rawa-rawa. Namun, saat ini Ikan Cupang sudah mulai dibudidayakan melalui pembibitan oleh peternak ikan hias. (padangmedia)

Post Top Ad

loading...